adsense

Cara Membuat Resep Bandeng Presto Duri Lunak yang enak dan nikmat. – Indonesia kaya akan hasil lautnya karena memang daerah di Indonesia sangat memiliki banyak laut yang memisahkan pulaunya. Saking luasnya laut yang ada di Indonesia banyak masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai nelayan yang selalu mencari ikan. Ikan sangat memiliki protein dan vitamin yang sangat baik untuk manusia. Untuk mengkonsumsi ikan kita bisa mengolah ikan menjadi banyak sekali jenis makanan. Salah satu ikan yang terkenal di Indonesia adalah ikan bandeng. Ada resep yang sangat cocok untuk mengolah ikan bandeng yaitu Resep Bandeng Presto.
Resep Bandeng Presto
Mungkin banyak diantara kalian yang tidak tahu apa itu presto, presto adalah mengolah makanan dengan uap air yang tekanannya tinggi jadi hasil makanan yang akan dihasilkan bisa sangat lunak bahkan tulang ikannya pun bisa dimakan. Kali ini Umi di ResepUmi.com akan membagikan resep untuk kalian bagaimana cara membuat bandeng presto khas Semarang. Tidak bisa di pungkiri makanan khas Semarang ini sangat banyak disukai oleh hampir seluruh rakyat Indonesia karena rasanya yang gurih dan lembutnya daging ikan bandengnya.

Mungkin langsung saja untuk kalian yang sudah tidak sabar ingin merasakan rasanya dan membuatnya dirumah Umi akan memberikan resepnya untuk kalian. simak dengan baik dan lakukan langkah-langkahnya dengan benar supaya hasil yang nantinya akan kalian dapat bisa maksimal dan memuaskan perut kalian.
Resep Bandeng Presto:
Bahan:
1 kg Bandeng,
Perasan air jeruk nipis
1 sendok makan ragi tape
4 serai, memarkan
4 daun salam
8 cm lengkuas, memarkan
daun pisang
Bumbu (haluskan):
2 cm jahe
5 cm kunyit
12 bawang putih
1 sendok teh gula pasir
2 sendok makan garam
Untuk melapisi bagian luar bandeng presto:
1 telur
1/4 sendok teh garam
Cara Membuat Bandeng Presto:
1. Lumurkan air jeruk ke satu persatu bandeng. Lalu lumurkan pula ragi tape kemdian diikuti lumuran bumbu halus. Lumuran ini harus berurutan.
2. Masukkan kedalam kulkas selama 2 jam
3. Tuangkan air kedalam presto setinggi sarinagn kukusan.
4. Sebelum memasukkan bandeng perhatikan langkah berikut. masukkan secara berrutan bahan-bahan berikut: daun pisang, 2 daun salam, 2 daun sereh, 4 cm lengkuas, bandeng. Ulangi seperti itu lagi sehingga menjadi 2 tumpuk bandeng. Kemudian paling atas tutupi menggunakan daun pisang
5. Presto bandeng sampai mendesis 30 menit. Biarkan panci dingin sampai aman dibuka.
tuangkan air kembali lalu presto lagi selama 30 menit. angkat bandeng biarkan sampai dingin.
6. Campurkan telur dan garam.
7. Panaskan minyak goreng.
Celupkan bandeng ke telur lalu goreng sampai matang. Jangan terlalu lama karena lapisan telur cepat matang.
Bandeng presto lembut dan enak sudah bisa kalian nikmati bersama keluarga. Sajikan bangeng presto bersama nasi putih yang masih hangat supaya rasanya bisa lebih enak lagi. Bagaimana? Mungkin memang sedikit rumit membuatnya namun Umi yakin jika kalian mengikuti langkah-langkah yang Umi berikan dengan benar tidak akan ada kesalahan yang serius terjadi.
Resep Bandeng Presto
Mungkin cuma itu yang bisa Umi berikan di kesempatan kali ini tentang Resep Bandeng Presto. Semoga kalian yang sedang mencari bagaimana cara membuat bandeng presto bisa terbantu ketika membaca resep yang Umi berikan diatas. Jangan lupa baca juga resep-resep sebelumnya yang sudah Umi bagikan karena masih banyak resep-resep makanan yang berbahan dasar ikan seperti Resep Bakso Ikan. Terima kasih kalian sudah datang dan membaca resep yang sudah Umi bagikan di ResepUmi.com, semoga bisa membantu kalian semua.

Posting Komentar

 
Dunia pengetahuan © 2013. All Rights Reserved. Shared by sosothemes
Top